Latest News

Wednesday 8 November 2017

pendidikan indonesia: Ciri-Ciri Guru Yang Baik

Guru yang baik tidak hanya identik dengan metode dan teknik mengajar saja, kadang disekolah atau dikelas banyak hal yang tidak terduka bisa ditemukan, seperti siswa yang tidak serius mendengar penjelasan guru, adajuga siswa yang tidur ataupu ada siswa yang bermain-main saat guru sedang menyampaikan pelajaran, nah disaat sepertini untuk medisiplinkan kelas  kadang ada guru yang melakukan hal-hal yang tidak sewajarnya dilakukan seperti dengan kekerasan, kadang ada guru yang bersikap cuek dengan keadaan seperti itu dan melanjutkan pelajaran meskipun keadaan kelas tidak disiplin, 
ada beberapa hal yang perlu anda lakukan saat mengajar agar anda bisa dikatakan sebagai guru yang baik oleh para siswa saat berada disekolah mapun luar sekolah:
  1. guru harus bersikap tenang dan tidak berlebih-lebihan, tidak boleh kehilangan akal sehat dalam menghadapi situasi yang tidak disiplin sepeti itu, 
  2. guru harus sebisa mungkin untuk menyayangi semua siswanya, tanpa pandang bulu yang nakal maupun yang baik, tidak boleh membenci ataupun memarahi.
  3. harus memperlakukan semua siswa sama, tidak boleh ada indikasi pilih kasih
  4. guru harus menyembunyikan perasaan yang tidak enak,  harus bersikap selalu ceria apalagi saat mengajar didepan siswa
  5. guru harus bisa menjawab pertanyaan dari siswanya.
jika 5 hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh seorang guru, maka anda belum bisa dikatan guru yang baik, karena jika hal tersebut tidak sampe diulakukan maka imgae seorang guru didepan siswa itu akan sangat buruk, dan bisa jadi anda kurang disukai oleh siswa saat mengajar.
sesungguhnya guru juga adalah manusia biasa kadang ada saja kesalahan yang dilakukan baik disengaja maupun tidak, karena sejatinya guru bukanlah mahluk yang berbeda dengan siswanya, untuk itu sebisa mungkin anda ikut terlibat dalam berbagai kegiatan siswa, khsusnya yang menyangkut masalah pelajaran maupun kegiatan ekstranya. tempatkan diri anda sebagai guru, sebagai orang tua, dan sebagai sahabat bagi mereka, tidak perlu takut untuk kehilangan kehormatan, karena jika anda baik kepada mereka otomatis mereka juga akan menghormati anada sebagai gurunya.
ya cukup sampae disini dulu pembahasan kita mengenai ciri-ciri guru yang baik, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya didunia pendidikan.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post