Latest News

Tuesday 7 November 2017

cara agar anak tidak kecanduan game online komputer

Game merupakan suatu hiburan yang sangat menyenangkan dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, karena game adalah salah satu cara bagi orang untuk melepas lelah karena aktifitas sehari-hari. dengan bermain game seolah-ola rasa lelah dan bosan dengan keseharian kita bisa hilang begitu saja, karena game juga bisa mendatangkan rasa kepuasan apalagi lagi sampe memneangkan permainan yang dimainkan.
di zaman modern seperti sekarang ini dimama bermain game tidak lagi membuthkan teman, karena bermain game bisa dikamar, ditempat kerja saat beristirahat di taman, dan dll, karena game sekarang banyak yang berbasis online, jadi dimanapun bisa kita mainkan.
akan tetapi banyak sekali diantara orang tua yang memberikan fasilitas gatged untuk anak-anak mereka bermain game tanpa memberikan pengawasan, sehingga bayak anak-anak yang kecanduan dengan game sampae-sampe lupa dengan akifitas mereka seperti belajar dan bermain dengan teman-temannya.
disamping itu juga barmain game online dengan gatged banyak meimbulkan efek negatif bagi perkembangan anak-anak, tapi tentunya banyak juga hal-hal positif yang bisa didapatkan oleh anak-anak dengan bermain game.
tapi alangkah lebih baiknya orang tua yang memberikan fasilyas gatged kepada anak-anaknya jangan lupa juga berikan pengawasan agar anak-anak tidak sampe kecanduan, karena jika sampe terjadi hal yag demikian akan banyak hal-hal yang tidak dinginkan bisa terjadi seperti
  1. dari segi kesehatan mereka, jika kesenringan bermain game akan erpengaruh terhadap daya tahan tubuh mereka, fisik mereka akan menjadi lemah karena kurang aktifitas bergerak, terlalu sering duduk, dan yang paling berbahaya adalah karena terlalu sering terkena sinar pancaran dari layar monitor komputer atau gatged lainnya.
  2. dari segi psikologis mereka, gane itu akan sangat berpengaruh sekali terhadap psikologis anak, karena mereka kesenringan melihat dan memainkan game-game yang melakukan kekerasan, seperti perkelahian, pembunuhan, dan lainnya, secara tidak sadar itu sudah mempengaruhi alam bawah sadar mereka,  bahwa kehidupan di alam nyata ini sama dengan apa yang ada dipermainan itu, dan ciri-ciri orang sudah kecanduan game akan mudah marah, berkata yang tidak-tidak, mencaci, dan masih banyak lagi hal lainnya yang bisa kita lihat dari perkembangan seseorang yang sudah kecanduan game.
  3. dari segi waktu mereka, seperti kata pepatah "time is money" atau dalam bahasa indonesianya waktu adalah uang,  bermain game secara tidak sadar banyak waktu yang terbuang bahkan banyak orang yang sedang bermain game mengabaikan  pekerjaan lainnya, seperti yang sering terjadi pada anak-anak mereka sering lupa makan, lupa belajar akibatnya sekolah terbengkalai dan nilai pun akan jadi anjlok, tidak hanya anak-anak orang dewasa pun jika bermain game sering lupa waktu akibatnya produktifitas dalam bekerja akan berkurang, karena game ,
akan tetapi semua hal diatas tidak akan pernah terjadi jika orang tua mau memberikan perhatian dan pengawasan terhadap anak-anak yang sedang bermain gam agar tidak sampai kecanduan dan  mereka tidak sampai lupa kan kesehatan sosial. dan waktu mereka
berikut cara orang tua memberikan perhatian terhadap anak yang hoby main game
  1. buatkan aturan /jadwal mereka boleh bermain game, seperti sepulang dari kegiatan sekolah.
  2. buatkan waktu berapa lama mereka boleh memegang gatged mereka, seperti 1 jam sehari. atau dua jam
  3.  pastikan bahwa game itu hanya sebatas hiburan semata, jangan sampe game itu menjadi kegiatan rutinitas mereka sehari-hari
  4. awasi apa yang di mainkan, jangan sampe ada game kekrasan atau sampai ada game pembunuhan apa lagi game yang sampai melakukan asusila.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post