Latest News

Saturday 1 September 2018

TERUNGKAP!! TERNYATA ADA TEMPAT MELATIH PRAJURIT DI JONJO

STATUS DESA - Di Jonjo ada sebuah tempat untuk menggodok para prajurit. Di arena itu, terdapat sebuah baruga yang merupakan tempat bagi raja untuk duduk bersama para pembesar lainnya serta keluarganya. Dari sanalah raja menyaksikan pertandingan dari setiap prajurit yang dilatih dalam bela diri. Ada juga olahraga bela diri disebut A'lanja yakni mengadu tulang kaki kering.

BACA JUGA : MENGEJUTKAN!! TERNYATA INILAH NAMA LAIN DARI KERIS DI GOWA
Pohon Beringin
Sumber : hindualukta.com

Karaengta Data yang terkenal dengan keberaniannya menentang penjajah. Dari sanalah beliau banyak mengkader para Tubarani dari daerah Jonjo dan sekitarnya. Para Tubarani yang berhasil dikader kemudian ikut memperkuat barisan pertahanannya dalam menumpas penjajah Belanda di Kerajaan Gowa.

Dari arena itu pula, terdapat sebuah arena kecil yang khusus dipakai untuk adu ayam jago. Pada setiap acara tahunan, ayam jago dari beberapa daerah sekitar berdatangan kesana. Disanalah mereka aadu ayam jago, seperti ayam jago Takkang Bassina Baliti, Lampungna Bongki, dan dari Sicini.

Passaungan Tau di Jonjo kini masih bisa disaksikan. Batas arena masih terlihat jelas yang ditandai dengan susunan batu karang. Dalam kawasan itu terdapat sebuah pohon besar yang daunnya sangat rimbun. Di tempat itu pula sering dilakukan acara tahunan (attamutaung). Biasanya pada acara tahunan itu dipotong seekor kerbau, sambil memeriahkan berbagai acara pagelaran adat, seperti ganrang pakarena (musik tradisional khas Makassar), adu ayam jago dengan menyuguhkan kue tradisional.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post