Latest News

Monday 3 September 2018

BUNGUNG LOMPOA RI MAJANNANG

STATUS DESA - Di kampung Majannang ada sebuah sumber air yang airnya sangat jernih, karena berasal dari gunung Bawakaraeng. Sumber air itu hingga sampai sekarang masih dipergunakan oleh warga setempat untuk keperluan sehari-hari, seperti sumber air minum.
Sumur
Sumber : vegaakumala.wordpress.com

Sumur tersebut konon katanya yang sering diceritakan dan sekarang masih menjadi cerita rakyat bahwa, konon katanya di tempat inilah ada seorang raja yang biasa dikenal dengan Karaengta Data untuk mandi atau hanya sekadar minum dan membasuh wajah. Alasan utama Karaengta Data sering mengunjungi tempat ini adalah karena sang Raja merasa aman dan tenteram jika sedang berada disekitar Bungung Lompoa/Sumur Besar yang terdapat di Majannang. Selain itu, tempat tersebut juga memilki panorama alam yang indah, dan tanahnya subur sehingga berbagai macam tumbuhan bisa tumbuh subur di sekitar Bungung Lompoa.


Penghormatan warga setempat pada Karaengta Data, sehingga sumur tempat Karaengta Data mandi disebut Bungung Lompoa. Alasan karena sang Karaeng memilki dedikasi dan jasa besar terhadap perlawanan kepada sekutu.

Masyarakat sekitar Bungung Lompoa di Majannang tetap melestarikan pohon yang ada disekitarnya. Karena mereka tahu, keberadaan pepohonan akan berungsi menahan humus di lereng-lereng gunung, sehingga gunung tak mudah terkena longsor dan kelangsungan anak cucu kita bisa bertahan karena ketersediaan air bisa terjaga kelestariannya.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post