Latest News

Sunday 5 November 2017

Daerah Administerasi LOTIM Jadi "Smart City"



Kementerian komunikasi dan informatika merekomendasikan kabupaten lombok timur jadi smart city, sebagai salah satu dari 25 kabupaten/kota diseluruh Indonesia  di tahun 2017 sebagai kabupaten “smart city”
Untuk NTB kami meiliki kabupaten Lombok timur” kata kasubdit aplikasi layanan publik direktorat e-govt dirjen aplikasi informatika kementrian komunikasi dan dan informatika  hapni seotiana dijakarta, (31/10/2017)

Ia menjelaskan. Dari 70 kota yang mengusulkan jadi smart city namun setelah tahapan pengkajian , hanya 25 kabupaten/kota  yang dipilih,  dimana pada tahun pertama diambil 25 kabupaten/kota tahun ke dua 50 dan tahun ketiga 25 kabupaten/kota.
Menurutnya Lombok timur dipilih lantaran pengelolaan kas daerah  (PKD) sudah menyalurkan biaya untuk informasi dan teknologi.
Ini yang menjadi acuan dari kominfo  jadi daerah smart city, bila masyarakat mendapat pelayanan yang nyaman kaitan dengan aplikasi dan software. Jelasnya.
Selain itu, daerah tersebut juga  harus melengkapi infrasturktur dan kemampuan fiskalnya. Adapun untuk biaya yang dikeluarkan menjadi smart city tergantung platform daerah masing-masing yang mengusulkan.
Hapni mengatakan Lombok timur telah lebih dulu mengusulkan daibandingkan kota mataram, maka dari itu kota mataram dapat jatah tahun depan, dan smart citiy akan diumumkan 10 november bertepatan dengan hari pahlawan.
Meski sejak tahun 2013 smart city dideklarasikan,namun kota mataram belum pernah mengusulkan ke kemnterian kominfo, pihaknya menyadari jika semua kabupaten/kota berlomba-lomba mengklaim daerahnya sebgai smart city ,
Daerah yang belum dapat melayani masyarakat dengan aplikasi online belum dapat disebut sebagai smart city, artinya tidak cukup hanya menggunakan megatron dijalan-jalan, tapi lebih pada pelayanan berbasis online sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses  informasi serta masyarakat  nyaman dengan aplikasi tersebut.
“kami berharap ini dapat memicu daerah lainnya segera menjadi smart city, tidak saja pelatihan kami tentu akan mendampingi serta melakukan pembinaan hingga benar-benar berjalan dengan baik.


sumber suara rinjani

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post