Latest News

Thursday 16 November 2017

Cara Seting Jaringan Komputer UN Bebasis Komputer

Jaringan Komputer UNBK
Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin moderen, sistem pendidikan di indonesia juga ikut berbenah diri dengan mangadakan Ujian Nasional  Berbasis Komuputer, ujian Nasional berbasis Komputer atau biasa di sebut UNBK ini sudah berjalan beberpa tahun trahir dimulai dengan sekolah yang ditunjuk langsung  oleh dinas terkait, tapi sekarang ini untuk jenjang SMA sudah diwajibkan untuk melaksanakn Ujian Nasional berbasi Kpomputer (UNBK).
Tapi disini kta tidak akan membahas masalah UNBK nya tapi kita akan membahas Jaringan Komputer yang di pakai saat pelaksanaan UNBK.
dalam membangun Jaringan Komputer UNBK sama saja dengan membagun Jaringan Koputer pada umumnya yaitu dengan menggunakan topologi star. apa itu topologi star? topologi star adalah metode penyusunan atau sekenario jaringan dinama setiap komputer baik itu server atau klien sama-sama terhubung ke konsentrator yang kita kenal dengan switch atau hub. diman konsentrator itu yang mengontrol seluruh fungsi jaringan  dan sekali gus sebagai penguat aliran data pada topologi star.  jika konsentratornya mengalami gangguan atau kerusakan maka sudah pasti Jaringan Komputer ini banyak masalah, maka dari pada itu untuk sekolah yang akan menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk menggunakan switch atau hub yang berkwalitas tinggi.
kenapa Jarigan Komputer menggubakan topologi setar, alasannya
  1. Pemasangannya lebih mudah dalam hal kabel
  2. Saat pemasangan atau pemindahan komputer, tidak menimbulkan gangguan pada jaringan
  3. Mudah mendeteksi kesalahan dan memindahkan di server atau komputer klien. 
alat-alat yang diburtuhkan untuk membangun Jaringan Komputer UNBK adalah
  1. Switch hub yang memiliki kecepatan tinggi biasa nya GB (giga bait)
  2. Kabel UTP cat 5e asli
  3. Kompuetr sebagai server
  4. Komputer sebagai klien atau bisa juga menggunakan Laptop.


No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post