Latest News

Sunday 8 October 2017

Cara Evaluasi Pendidikan Terhadap Siswa


 Evaluasi adalah suatu peroses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran yang telah dicapai leh sisiwa. ( Norman E. gronlund 1976).
Evaluasi itu sangat penting dilakukan oleh guru untuk mendapat data, untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan seorang guru  menyampaikan materi pelajaran terhadap siswa dan sejauh mana tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam menyerap  pelajaran yang telah disampaikan.
Dalam mengevaluasi siswa, seorang guru bisa melakukan dalam jangka waktu tertntu missal kan dalam waktu 1 bulan, 3 bulan atu persemester.

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam melakukan evaluasi terhadap siswa misal yaitu
1.    Kemampuan berpikir
Kemampuan siswa dalam mnyerap pelajaran yang disampaikan oleh guru perlu di evaluasi apakah bisa di serap dengan baik atau metode pengajran di gunakan terlalu sulit untuk bisa di cerna oleh kemampuan berikir siswa.
2.    Kepribadian
Kepribadian adalah sesuatu yang terdapat pada diri manusia dan menampakkan bentuknya dalam tingkah laku. Dalam hal-hal tertentu, informasi tentang kepribadian sangat diperlukan. Alat untuk mengetahui kepribadian seseorang disebut tes kepribadian atau pesonality test.
3.    Sikap-sikap
sikap ini terkait dengan  sikap siswa terhadap guru saat mengikuti pelajran maupun sikap siswa terhadap teman-temanya ketika di luar kelas maupun saat berdiskusi maslah pelajran,
Evaluasi pendidikan sangat perlu di lakukan  Mengukur tingkat kemajuan yang dicapai siswa, baik ditinjau dari norma tujuan maupun dari norma kelompok serta menentukan apakah siswa mengalami kemajuan yang memuaskan kearah pencapaian tujuan pengajaran yang diharapkan.


No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post