Latest News

Sunday 29 October 2017

Cara Mengetahui Orang Yang Sudah Dewasa

Dewasa berarti matang. Baik matang secara biologis, maupun secara psikis.Sehingga bisa dikatakan tidak perlu menunggu tua untuk menjadi dewasa. Tingkat kedewasaan seseorang itu tidak selamanya  identik atau berbanding lurus dengan usia, mereka yang lebih tua belum  tentu lebiih dewasa, lalu seperti apa dewasa itu dan bagaimana cara mengetahuinya.

Ada beberapa aspek yang bisa dijadikan ukuran untuk menilai tingkat kedewasaan seseorang diantaranya:
1.    Intelektual
Kita bisa mengetahui dewasa atau tidaknya seseorang dari segi kemampuan nya untuk membentuk pendirian. Artinya pendirian atau prinsip yang jelas sehingga tidak mudah terombang ambing oleh situasi yang membentuk kita untuk bersikap, tapi tetap memperhatikan pendapat orang lain walaupun teteap tidak bersandar pada pendapat tersebut.
2.    Emosional
Kita dikatakan dewasa secara emosional ditandai dengan kemampuan menerima emosi dan menguasainya secara wajar, artinya aapaun emosi yang sedang kita alami, kita tetap  bisa menguasai dan mengelolanya dengan baik, tidak terpengaruh dengan rasa takut dan gelisah.
3.    Sosial
Kedewasaan kita dari segi sosialtampak dari keterbukaan terhadap orang lain, sanggup membuat persahabatan, tidak tergantung kepada siapapun, tetapi bukan berarti kita tidak butuh oorang lain, kita bisa mnenyesuaikan diri dan taat pada hokum, adat istiadat, dll
4.    Moral
Dari segi moral dapat dilihat dari  kesetian kita pada asas-asas moral dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya semakin dewasa kita maka kita akan lebih ementingkan orang lain dari pada diri sendiri
5.    Spiritual
Dari segi  spiritual kita bisa lihat cara berkeyakinan tidak sempit, kita mampu bergaul dan membina hubungan baik dengan orang-orang yang berbeda keyakinan dengan kita,  kalau sudah bisa mencapai hal itu maka seseorang bisa di katakana dewasa.


No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post