Latest News

Tuesday 31 October 2017

Cara dan Teknik BLOKING DALAM BERMAIN BOLA VOLI pemula bagi anak sekolah

Anak sekolah.Bola voli merupakan salah satu olah raga yang sangat populer dikalangan pecinta olah raga, dari yang profesional sampe anak sekolah, bukan hanya dari kaum peria saja namu saat sekarang ini banya atlet bola voli dari kalangan wanita.
Sekarang ini hampir di setiap desa-desa  sudah ada lapangan tempat bermain voli, namun dari sekian banyak orang yang senang bermain bola voli, masih ada saja yang belum mengetahui tentang teknik dalam bermain voli, untuk itu mari kita bahas satu-persatu tentang teknik dasar dalam bermain bola voli.

Teknik dalam bola voli dapat diartika sebagai cara memainkan bola dengan efektif dan efesien sesuai dengan aturan permainan untuk mencapai hasil yang optimal.  Ada beberapa  hal yang perlu anda ketahui dalam teknik dasar yaitu salah satunya dalah teknik bendungan (bloking).
Teknik bendungan sangat erat sekali kaitannya dengan teknik bertahan yang dilakukan di atas net. Keberhasilan bendungan dapat ditentukan dengan loncatan yang tinggi dan kemampuan menjangkau bola yang sedang dipukul lawan. Bendungan dapat dilakukan oleh satu atau dua orang tergantung dari kekuatan lawan yangb melakukan smash.
Bendungan atau bloking dapat dilakukan dengan dua cara yaitu bendungan pasif dan bendungan aktif.
Bendungan aktif, artinya pada saat melakukan bendungan tangan  pemain digerakkan dengan kuat dan posisi lengan dekat dengan net, dan sebaliknya bendungan pasif  artinya pada saat melakukan bendungan tangan pemain dijulurkan keatas tanpa harus di gerakkan.
Cara melakukan bendungan (bloking)

  • Bloking dengan satu orang

  1. Berdiri menghadap net, jarak kedua kaki selebar pundak, lutut ditekuk, dan kedua tangan siap didepan dada
  2. Pandangan mengawasi jalannya boladan memperhatikan lawan yang akan melakukan smash.
  3. Dengan menolakkan kedua kaki sambil menjulurkan tangan ke atas, kedua telapak tangan diraptkan dan jari-jari direnggangkan.
  4. Posisi kedua tangan menutup daerah yang menjadi  sasaran utama lawan yang melakukan smash, gerakkan tangan kearah bola , terutama pergelangan taga.
  5. Segera mendarat dengan kedua kaki, dan mengambil posisi siap kembali  untuk menghadapi situasi permainan selanjutnya.

  • bloking dengan dua pemain atau lebih

bendungan yang dilakukan dengan dua pemain atau lebih merupakan kerja sama yang kompak, karena jika tidak ada kerja sama yang baik dalam melakukan bloking maka  hasilnya pun tidak akan maksimal, jika hasilnya tidak maksimal sia-sia saja melkukan bloking dengan dua atau tiga orang, berikut cara-cara melakukan bloking dengan dua pemain atau lebih

  1. Sebelum melakukan bloking harus tunggu teman mendekat untuk bersama-sama menolak
  2. Semua pasangan tangan membendung  membuat suatu blockade  yang rapat, sehingga sehingga tidak ada celah diantara tangan bloker yang bisa ditembus oleh smash lawan
  3.  Posisi tangan diatas net membentuk setengah lingkaran, dan tangan-tangan yang dipinggir  membentuk sudut dan menghadap kedalam.

Itulah teknik dasar dalam bermain bola voli dan melkukan bloking

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post